Wisata Goa Pindul Yogyakarta (Rafting Sungai Oyo bawah tanah)

Yuhuu Yogyakarta kami datang 😀 kali ini kami berkunjung ke tempat wisata Goa Pindul Yogyakarta yang berlokasi di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.

Ada beberapa wahana menarik di tempat wisata ini mulai dari Goa Pindul, Goa Tanding, Rafting Sungai Oyo sampai paket mobil off road. Sayangnya karna kami datang terlambat dan waktu sudah terlalu sore, kami hanya sempat mencoba wisata goa pindul dan rafting sungai oyo.

Seru banget sih walaupun cuma ke dua tempat ini, kami sampai menghabiskan waktu mendekati malam. Berikut pengalaman kami ketika berwisata ke goa pindul Yogyakarta dan rafting sungai oyo bawah tanah.

Oh iya kami juga mendapatkan pengalaman mistis saat berenang di goa pindul Yogyakarta. Tak sengaja kami merekam penampakan kaki misterius di goa pindul. Kamu bisa menonton video penampakannya, real dan tanpa editan sama sekali di video di bawah ini.

Ada pemandangan yang menakjubkan ketika kita menyusuri Gua eksotik Pindul dengan aliran sungai bawah tanah ini. Lebih dari 50 menit kita akan menyusuri sungai-sungai yang berada di dalam tebing goa pindul, terkadang sempit dan tanpa cahaya sama sekali jika kita datang di sore hari.

goa pindul yogyakarta
Menjelajah Sungai perut bumi di dalam Goa Pindul sepanjang 300 meter

Saya saja membutuhkan 2 senter lampu yang diberikan oleh bapak pemandu perahu, karena keadaan di dalam goa pindul, benar-benar gelap gulita tanpa cahaya. Untuk merekam video juga hati-hati karna sungai begitu dalamnya. Kalau sampai hp jatuh ke sungai, ya sudah wassalam 😀

Sebelum kita pergi di awal loket wisata goa pindul juga ditawarkan cover pelindung hp anti air yang kita bisa beli murah hanya 10 ribu saja. Namun untuk memakainya agar aman, kita tetap harus mengalungkan talinya di leher agar tidak jatuh ke dalam sungai Goa Pindul.

Ada keseruan apa di Goa Pindul Yogyakarta?

Lebih dari 300 meter kita akan menyusuri sungai di bawah “perut” bumi Goa Pindul yang penuh dengan keindahan tebing-tebing stalaktit dan stalagmit.

goa pindul yogya
Pemandu sedang memberikan instrusi tentang keselamatan
dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan ketika berada di dalam gua pindul

Ada juga batu kristal bercahaya, moonmilk sampai batu bertuah di dalam Goa Pindul yang konon menurut mitos penduduk setempat bagi siapa saja yang memegang batu bertuah tersebut akan meningkat kesuburannya khusus bagi wanita, sedangkan bagi pria akan sekeras kayu, semakin jantan gagah berani, begitu gaes 😀

Beberapa tebing besar di Goa Pindul gunung kidul juga sering dijadikan spot selfie yang menarik untuk para pengunjung melompat dari atas tebing. Keren bener loh, seperti ada cahaya surga dari lubang atas yang terbuka, lalu kita melompat dari tebing goa pindul yang besar.

Rafting sungai Oyo Gunung Kidul Yogyakarta

Tujuan ke dua kami akhirnya kami menuju Sungai Oyo untuk melakukan rafting. Lokasi rafting sungai oyo ini tidak jauh dari goa pindul. Namun kami tetap diantar menggunakan mobil jeep yang sudah disediakan oleh pihak wisata goa pindul Jogja.

Setelah berjalan kaki sebentar menyusuri pinggir sungai, akhirnya kami dibekali pelampung besar satu-persatu untuk dipakaikan. Ini adalah aksesoris wajib selain baju pelampung yang harus dipakai untuk keselamatan kami, karna berenang di sungai Oyo Gunung Pindul arusnya cukup kencang dan banyak batu-batu kali tajam.

rafting sungai oyo
Uji nyali melompat dari ketinggian Air Terjun Sungai Oyo

Ditengah perjalanan kita akan bertemu Bendungan Banyumoto yang sudah dibangun sejak era jaman Belanda. Kondisi tebing ini jauh lebih tinggi dan banyak air terjunnya, namun diwajibkan untuk kita bisa berenang, karna kondisi air yang cukup dalam lebih dari 5 meter.

Banyak lagi wahana sensasi seru menantang di rafting sungai air oyo ini seperti melompat dari air terjun curug pengantin. Untuk sekedar tahu, sungai Oyo adalah sungai terbesar di kabupaten Gunung Kidul.

Track perjalanan mencapai 2 kilometer, dengan estimasi waktu ketika kita melakukan rafting menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam – 2 jam.

Banyak pemandangan pohon-pohon besar berdaun teduh dan tebing-tebing alami, ditambah nuansa eksotisnya dengan bukit kapur tinggi disepanjang susur sungai oyo Jogja.

LEBIH LENGKAPNYA kamu bisa menonton video wisata saya ke Goa Pindul dan Rafting sungai Oyo berikut ini. Seru banget gaes, tonton ya 😀

Video Goa Pindul dan Rafting Sungai Oyo Gunung Kidul Yogyakarta

Berapa harga tiket wisata goa pindul Yogyakarta?